Selasa, 01 Maret 2016

=== Sekilas tentang Bengkulu ===


Peta_Bengkulupropinsi Bengkulu secara geografis terletak di Pantai Barat Pulau Sumatra, membujur sejajar pegunungan Bukit Barisan dan menempati wilayah seluas 19.789 km persegi. Berbatasan dengan Sumatra Barat (utara), Lampung (selatan), Sumatra Selatan dan Jambi (timur) dan Samudra Hindia (barat).
Bengkulu menjadi Propinsi ke 26 dari NKRI pada tanggal 16 November 1968 melalui UU No 9 tahun 1967 jo PP No 20 tahun 1968. Sebelumnya Bengkulu merupakan salah satu Karesidenan yang ada di Sumatra bagian Selatan. Pada awalnya berdirinya Propinsi Bengkulu terdiri dari satu Kotamadia dan tiga Kabupaten. Pada era otonomi daerah saat ini Propinsi Bengkulu memiliki sembilan Kabupaten dan satu Kota.
Topografi propinsi Bengkulu terdiri atas dataran tinggi dan dataran rendah. Punya banyak fenomena alam unik dan menarik mulai dari kawah vulkanik, air panas alam, air terjun, telaga, danau hingga perkebunan teh.  Tidak lupa bagian barat daerah ini dipenuh vegetasi cemara laut di sepanjang pantai berpasir putih dengan garis pantai lebih dari 525 km.
Belum lagi flora fauna langka di Bengkuu yang diselimuti hutan hujan tropis; ada bunga Anggrek, bunga Kibut (tinggi mencapai antara 1-1,5m), bunga Rafflesia (bunga terbesar di dunia dengan diameter sampai mencapai 1,5m) tidak ketinggalan harimau sumatera, badak sumatera, beruang madu, gajah sumatra yang telah berhasi ditangkar dan menjadi salah satu atraksi wisata dalam Pusat Latihan Gajah di Seblat.
Ibukota Propinsi Bengkulu adalah kota Pantai Tua yang punya peninggalan sejarah Inggris; antara lain Benteng Marlborough, Monumen Thomas Parr, Tugu Hamilton, Kuburan Inggris. Serta peninggalan yang punya arti penting dalan rangkaian sejarh perjuangan bangsa yaitu tempat pengasingan Presiden Soekarno, makam Sentot Alibasyah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar